Pertanyaan Umum

Seputar Kunjungan
1. Apa itu Wot Batu?

Wot Batu adalah ruang seni terbuka yang memamerkan instalasi batu-batu karya perupa Sunaryo. Lebih dari seratus batu vulkanis ditata secara konseptual dalam taman seluas 2.000 m2, menjadi sebuah jembatan spiritual yang menyeimbangkan jiwa manusia dengan manifestasi fisik dari kehidupan.

2. Apakah Wot Batu tetap buka saat pandemi?

Betul, Anda tetap bisa mengunjungi kami, tapi tentu dengan beberapa penyesuaian ketentuan. Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kami buka setiap Selasa–Minggu, dengan dua sesi kunjungan:

Sesi 1: 10.00–13.00 WIB (batas waktu masuk: 12.30 WIB)

Sesi 2: 14.00–17.00 WIB (batas waktu masuk: 16.30 WIB)

Kami tutup setiap Senin dan hari libur nasional.

3. Apakah ada pembatasan kunjungan di Wot Batu saat pandemi?

Sayangnya begitu. Mohon menjadi perhatian Anda bahwa:

  1. Kami tidak menerima kelompok pengunjung yang isinya lebih dari 6 orang. Anak-anak dan bayi termasuk dalam batas jumlah tersebut.
  2. Kuota kunjungan kami adalah 50 orang secara bersamaan. Jika kuota ini sudah terpenuhi, kami akan meminta Anda untuk menunggu dulu hingga ada pengunjung lain yang keluar.
  3. Pengunjung yang sudah menghabiskan satu sesi kunjungan tidak diperkenankan untuk memperpanjang kunjungannya.
  4. Sebelum masuk, pengunjung akan diminta untuk menggunakan masker, mencuci tangan, diperiksa suhu tubuhnya, dan mengisi form skrining.
4. Kenapa hanya boleh 6 orang dalam kelompok?

Ini adalah jumlah optimum agar Anda dan pengunjung lain bisa menjaga jarak dan mencegah area kami cepat penuh–terutama di area Kopi Bale Batu dan Batu Air, di mana pengunjung biasanya berlama-lama.

5. Hari ini bukan Senin, bukan juga hari libur nasional. Kenapa Wot Batu tutup, ya?

Terkadang area kami disewa untuk acara pribadi atau kami sendiri sedang mengadakan program khusus dengan peserta terbatas. Anda bisa mengetahui info-info ini pada akun Instagram dan profil Google Business kami.

6. Kenapa Wot Batu tutup saat libur Lebaran/Natal/Tahun Baru?

Tentu karena pegawai kami juga butuh waktu rehat bersama keluarga. Yang lebih penting lagi, waktu ini kami manfaatkan untuk pemeliharaan ruang dan karya seni di Wot Batu

7. Berapa sih, harga tiket masuknya?

Tiket masuk untuk pengunjung reguler adalah Rp50.000/orang.

Kami punya harga khusus untuk kategori pengunjung tertentu:

  • Pelajar, mahasiswa, & akademisi Rp30.000/orang (menunjukkan bukti pengenal)
  • Anak-anak <7 tahun GRATIS

Lansia >65 tahun GRATIS

8. Bisakah saya beli tiket secara daring?

Mohon maaf sekali, saat ini belum tersedia layanan pembelian tiket secara daring. Jadi, satu-satunya cara untuk membeli tiket masuk Wot Batu adalah dengan datang langsung dan bertransaksi di Front Office.

9. Apa saya perlu reservasi untuk berkunjung?

Kecuali Anda bermaksud datang dengan kelompok yang lebih banyak dari 6 orang atau ingin mengadakan kegiatan tertentu, silakan datang langsung tanpa reservasi.

10. Saya takut sudah datang jauh-jauh, tapi tidak bisa masuk karena penuh. Bagaimana, ya?

Sekali lagi kami mohon maaf, untuk saat ini satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah datang di awal sesi.

11. Paling baik datang ke Wot Batu itu jam berapa, ya?

Hmm… agak sulit menjawabnya. Kami selalu menyarankan pengunjung untuk datang di hari kerja (Selasa sampai Jumat) karena suasananya lebih lengang.

Jikapun Anda hanya bisa berkunjung pada akhir pekan, mohon menjadi perhatian bahwa Sesi 2 selalu menjadi sesi yang paling ramai. Meski begitu, jika cuacanya cerah, pukul 15.00 sampai 16.00 adalah momen terbaik untuk menikmati mahakarya Sunaryo yang bermandikan cahaya sore.

12. Saya ingin tahu lebih banyak tentang instalasi-instalasi batu di sini. Ada turnya, tidak?

Tentunya, ada. Kami menjadwalkan 4 kali tur setiap hari: pukul 11.00, 12.00, 13.00 dan 16.00 WIB. Jika Anda kelewatan atau masih penasaran tentang instalasi bebatuan di Wot Batu, silakan menghubungi Guide kami yang sedang bertugas.

13. Apakah sesi tur ini berbayar?

Tidak, sesi tur ini adalah layanan gratis untuk semua pengunjung yang berminat.

14. Saya boleh bawa binatang peliharaan saya, tidak?

Untuk ini pun kami harus minta maaf. Saat ini Anda belum diperkenankan untuk membawa binatang peliharaan ke Wot Batu.

15. Bolehkah saya membawa anak-anak ke Wot Batu?

Kenapa tidak? Akan tetapi, karena sebagian besar batu-batu tidak boleh diinjak maupun dipanjat, juga sebagian permukaan di Wot Batu licin saat basah, anak-anak di bawah 12 tahun harus tetap berada dalam pengawasan orang dewasa.

Tambahan lagi, jika Anda membawa bayi, pastikan mereka mengenakan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Terkadang cuaca bisa sangat dingin dan berangin di Wot Batu, tapi tak jarang pula matahari bersinar sangat terik.

16. Kalau kereta bayi, bagaimana? Bisakah dibawa masuk?

Sebenarnya, gendongan bayi lebih cocok untuk digunakan di Wot Batu karena sebagian besar permukaan lantai kami berbatu. Tentu, kami tidak ingin kereta bayi Anda rusak karenanya. Namun, jika Anda tidak masalah dengan kondisi tersebut, silakan untuk membawa dan menggunakannya.

17. Apakah ada ruang perawatan bayi?

Kami belum memiliki fasilitas tersebut, tapi jika Anda membutuhkan, silakan menghubungi staf kami yang bertugas agar bisa kami bantu.

18. Boleh membayar dengan uang tunai, tidak?

Di masa pandemi ini, kami sangat menyarankan Anda untuk bertransaksi nontunai. Akan tetapi, jika sangat tidak memungkinkan untuk menggunakan nontunai, mohon untuk membayar dengan uang pas.

19. Wot Batu menerima pembayaran nontunai apa saja?

Anda bisa menggunakan kartu kredit, kartu debit, maupun aplikasi dompet elektronik. Kami menggunakan QRIS sehingga hampir semua platform dompet elektronik bisa kami terima.

Fotografi dan Videografi
1. Bolehkah saya mengambil foto dan video di sini?

Anda boleh merekam foto dan video untuk keperluan pribadi dan nonkomersial, hanya menggunakan kamera ponsel.

Tripod, drone, lampu tambahan, dan peralatan kamera profesional lainnya juga tidak diperkenankan.

2. Apakah itu artinya saya tidak boleh menggunakan kamera DSLR?

Ya, Anda tidak diperkenankan menggunakan kamera DSLR.

3. Kalau kamera analog? mirrorless? Action cam? Polaroid? Instax?

Sayang sekali, semuanya tidak bisa.

3. Saya ingin menggunakan foto/video saya di Wot Batu sebagai konten media sosial. Bolehkah?

Hmm, sepanjang menggunakan kamera ponsel dan bukan untuk tujuan komersial, tidak apa-apa.

Namun, mohon perhatikan kenyamanan pengunjung lain ketika membuat konten Anda. Salah satunya dengan tidak menghalangi mereka yang sedang menikmati karya atau memutar lagu latar video terlalu keras.

Jika Anda ingin mengadakan peliputan untuk artikel/blog/televisi/kanal Youtube/media lain, silakan isi Form Liputan kami di sini dan kontak kami lewat info@wotbatu.id.

4. Saya ingin mengadakan pemotretan di Wot Batu. Apakah bisa?

Boleh saja. Kami telah menyusun paket-paket sesi foto untuk keperluan ini. Silakan kunjungi laman Bisnis dan Kerjasama kami.

Anda bisa mengadakan sesi foto pre-wedding dan produk komersial. Sedangkan, untuk keperluan lain seperti foto keluarga, kehamilan, kelas/angkatan, dll., silakan menggunakan paket Sesi Foto Kelompok.

Jika Anda punya pertanyaan lain atau ingin memesan tanggal, kontak kami lewat info@wotbatu.id.

5. Saya ingin foto pre-wedding di Wot Batu. Bisa tidak?

Mohon cermati kembali pertanyaan sebelumnya, ya.

Makanan dan Minuman
1. Di sini ada restoran atau kafe, tidak?

Kami belum menyediakan fasilitas restoran di dalam area Wot Batu. Namun, di area Kopi Bale Batu, Anda bisa memesan kudapan, kopi, dan minuman lain.

Jika Anda ingin makan menu lengkap, kami sarankan Anda untuk berkunjung ke Kopi Selasar Sunaryo, yang berjarak sekitar 130 meter ke arah utara Wot Batu.

2. Minuman warna merah yang jadi minuman penyambut itu terbuat dari apa ya? Apa itu anggur merah?

Oh, bukan! Ini adalah Teh Rosela, minuman khas kami. Bunga rosela atau hibiskus adalah bahan utama dan sumber dari warna merahnya.

Segelas Teh Rosela ini sudah termasuk ke dalam tiket masuk Anda. Hubungi Guide yang bertugas untuk mencicipinya dan mengetahui lebih banyak tentang cerita di baliknya.

3. Bolehkah saya merokok sambil menikmati karya seni di Wot Batu?

Kami mohon, jangan lakukan itu. Wot Batu memang ruang outdoor, tapi bukan berarti Anda bisa merokok di mana saja. Mohon gunakan area merokok khusus kami agar kenyamanan pengunjung lain, terutama anak-anak, tetap terjaga.

Alat-alat vape dan rokok elektronik termasuk ke dalam definisi rokok, ya. Sedangkan, toilet tidaklah termasuk dalam area merokok tersebut.

Acara dan Kerja Sama
1. Saya mau membuat kegiatan bertema seni-budaya. Bisakah berkolaborasi dengan Wot Batu?

Jika konsepnya sesuai dengan suasana Wot Batu, mengapa tidak? Kirimkan proposal kegiatan Anda ke programwotbatu@gmail.com agar bisa kami cermati.

2. Kalau saya, ingin mengadakan acara pribadi di Wot Batu. Apakah bisa?

Jika konsepnya sesuai dengan suasana Wot Batu, mengapa tidak? Kirimkan proposal kegiatan Anda ke programwotbatu@gmail.com agar bisa kami cermati.

3. Boleh minta price list untuk acara pernikahan?

Untuk acara pernikahan atau lamaran, Untuk acara pernikahan atau tunangan, kami menyediakan layanan Semanda di Wot Batu. Kami perlu memastikan dulu konsep acaranya, apakah sesuai dengan suasana dan konsep estetis Wot Batu.

Anda bisa mengirimkan proposal terlebih dahulu, yang menceritakan alasan Anda memilih Wot Batu, konsep acara, keperluan teknis, dan perkiraan waktu. Jika Anda bisa menuangkannya dalam media visual seperti mood board atau sketsa, akan lebih baik lagi. Semuanya bisa Anda kirim ke info@wotbatu.id. Setelah itu, konsep ini akan didiskusikan antara calon penyewa dan manajemen Wot Batu.

Karena bergantung dengan konsep acara, kami tidak memiliki price list yang baku.

4. Kalau mau menghubungi Wot Batu, bagaimana caranya ya?

Anda bisa menghubungi Wot Batu lewat kanal-kanal berikut, sesuai dengan jenis info yang Anda butuhkan: